Rabu, 01 Agustus 2012

DAYAK KUTAI BARAT


  • DAYAK 

    KUTAI BARAT 

    GO TO THE WORLD

             Sebuah seni bercita rasa tinggi dapat lahir dari kearifan lokal sebuah daerah.




    KUTAI BARAT adalah salah satu kabupaten yang memiliki hasil seni bercita rasa tinggi tersebut.
    Begitu banyak kerya seni yang dapat dinikmati khususnya baik seni ukir, tari dan berbagai karya senilainnya yang terbagi dalam enam sub entis yang berada dikutai barat, yang kemudian diwujudkan dalam karya enam lamin (Luuq) yang berada di komplek taman budaya sendawar.

        LAMIN  enam sub etnis yang dibangun di lahan 5 hektare ini ditarget selesai sebelum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kubar, November 2012. Lamin enam sub etnis itu, yakni, Tunjung (Tonyooi), Benuaq, Melayu (Kutai), Kenyah, Bahau, dan Aoheng. Letaknya strategis, di jalan poros Melak-Barong Tongkok. Tepatnya, di Jalan Sendawar Raya atau Kantor Pengadilan Negeri Kubar. Sekitar 1 kilometer dari kantor bupati.





Lamin itu dibangun megah, indah, dan memesona. Sebelah kanan, tersusun tiga lamin yakni Melayu, Kenyang, dan Aoheng. Kemudian sebelah kiri, Tunjung, Benuaq, dan Bahau.

1 komentar:

  1. Salam persaudaraan..putra borneo perkenalkan saya Rudy siswandie ketua dari Kongres Pemuda Kutai 7Benua bolehkah saya berkunjung ke rumah kita sebab ada sedikit yang dak saya bahas masalah ekonomi kreatif ..yang memerlukan unsur budaya..ini no hp saya 082218721975

    BalasHapus